Radiasi UV - Marina UV White Extra SPF 15

3:19 PM

Ini pertama kalinya yak, saya ngeblog pake bahasa Indonesia ^0^
Selamat menikmati~

Sebelum nulis, saya warming-up dulu dengan makan permen jelly...
Nyem... nyem...
Oke.


Jadi kita semua kebanyakan sudah tahu sama yang namanya radiasi ultraviolet (UV) dan gimana bahayanya buat tubuh kita. Kita juga tahu soal Sun Protection Factor (SPF). Tapi saya akan menulis dari awal supaya temen-temen lebih khatam, istilahnya, hahaha :D


Apa itu radiasi ultraviolet?

Radiasi ultraviolet adalah spektrum elektromagnetik yang dikeluarkan oleh matahari.
Radiasi ultraviolet ini ada 3 jenis:

  • UVA, dengan panjang gelombang 315-400 nm, adalah radiasi terbanyak yang datang ke kulit kita.
  • UVB, dengan panjang gelombang 280-315 nm, sekitar 10% dari total radiasi ke kulit kita, karena 90% telah diserap oleh atmosfer ozon.
  • UVC, dengan panjang gelombang 100-280 nm. UVC diserap oleh atmosfer ozon bumi kita, so, ga bakalan nyampe ke kulit kita :)

Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat UV, bisa dibaca yak :)


Apa efeknya bagi kulit dan tubuh kita?

Manfaat positifnya, sedikit UV dapat bermanfaat untuk produksi vitamin D. Sedikit, lho!
UV juga dapat berfungsi sebagai pengobatan bagi beberapa penyakit kulit tertentu di bawah pengawasan ahli medis, sebenernya saya mau menjelaskan, tapi ga perlu dijelaskan karena nanti bakalan melenceng dari topik aslinya :)

Tapi ketika terlalu banyak terpapar UV, dapat memberi dampak negatif ke kulit, mata, dan sistem imun kita. Nah loh?
Sebelumnya, perlu pelurusan istilah medis, bahwa istilah akut itu adalah dampak mendadak, tiba-tiba, sifatnya cepat, kira-kira kurang dari 2 minggu; sedangkan istilah kronis adalah dampak lama, progresi, paparan berulang, menahun. Jadi sekarang tahu ya bedanya akut sama kronis? :)
Dampak akut dari UV adalah sunburn, atau istilah medisnya eritema, kalo istilah kita namanya gosong :)

Fotonya nyomot dari Facebook Sahabat Marina aja :P

Kalo orang bule lebih merah, teman-teman...

Sedangkan secara kronis, UV dapat menembus sel-sel kulit, jaringan, dan pembuluh darah kita sehingga menyebabkan penuaan dini dan penyakit-penyakit kulit lain. Yang paling serius adalah kanker kulit...
.
.
.
Kalo ini namanya tahi lalat :) bukan kanker (ganas), tapi tumor (jinak).

Kalo gambar kanker kulit, di bawah ini.
Awas! Gambar serem!:
Oke, itu sudah saya pilihkan yang gak begitu serem. Masi ada yang lebih serem, lho!

Sedangkan pada mata, kita pasti tahu banget yang namanya katarak.


Tahu ga temen-temen, kalo dari kecil dan remaja kita sering terpapar UV, kita meningkatkan resiko untuk menderita kanker kulit di masa tua, lho! (WHO, 2009)


Trus gimana caranya melindungi kulitku dari paparan matahari walau beraktivitas di luar?


Banyak cara yang dikemukakan oleh WHO, yaitu:

  • Kurangi paparan dengan matahari pada jam 10.00-14.00. Pada jam ini, UV terik-teriknya, temen-temen.
  • Lihat UV index. Kayaknya kurang ngetop di Indonesia, jadi skip aja.
  • Cari tempat teduh. Iklan banget :) tapi dapat membantu sebagian, temen-temen.
  • Pakai pakaian yang memproteksi diri. Topi, kacamata, baju lengan panjang, celana atau rok panjang dapat membantu memproteksi kulit kita dari paparan UV. Ciyee, yang berhijab :)
  • Hindari tanning.
  • Pakai sunscreen. Pakai sunscreen SPF 15+ secara merata dan ulangi setiap 2 jam, atau setelah bekerja, berenang, bermain, atau olahraga di luar ruangan. Ini andalan kita-kita yang gak sempet sembunyi pakai cara di atas :)



Maka dari itu, penting banget buat menjaga kulit kita dengan sunscreen spektrum luas minimal SPF 15! (rekomendasi WHO dan FDA)

Gimana sih cara kerja sunscreen?

Temen-temen bisa lihat video dari FDA ini untuk lebih jelasnya.



Apa rekomendasi produk sunscreen?

Produk rekomendasi yang saya perkenalkan adalah...
Marina UV White Extra SPF 15

Produk terbaru dari Marina ini mengandung yogurt, SPF 15, dan vitamin B3, yang semua baik untuk kulit kita.

  • Yogurt, mengandung AHA yang mempu mengelupas sel-sel kulit mati secara lembut sehingga membantu kulit tampak berkilau. Selain itu juga mengandung milk protein yang dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, sehingga kulit berangsur-angsur cerah.
  • SPF 15, merupakan kadar SPF optimum yang mampu melindungi kulit kita dari 94% sinar UV.
  • Vitamin B3, mengurangi efek penuaan sehingga kulit terlihat lembut dan terhidrasi.


Kenapa saya rekomendasikan ini?
Karena yang paling penting dan terutama bagi saya adalah... MURAH! :D
Selama ini saya membeli produk-produk sunscreen dengan harga mahal sehingga uang saya 'keteter-teter' dan secara tidak langsung pemakaian sunscreen-nya juga irit-irit :(
Namun begitu saya ketemu Marina, ternyata performanya ga kalah sama yang mahal-mahal.
Apalagi sunscreen wajib dipakai lagi setiap 2 jam.
Ukurannya juga bervariasi, kalo untuk bepergian, pilih saja ukuran 100 ml yang cukup praktis dibawa kemana-mana.
Terakhir, karena ini adalah produk Indonesia!
Jadi, berbanggalah, temen-temen :)


Akhir kata, ingat ya, temen-temen,
Lebih baik mencegah daripada mengobati.
Maka, mulailah pakai sunscreen dari sekarang.

-Hasu Hana-
PS.
Post ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba blog yang diadakan Marina, selengkapnya lihat di Fanpage Sahabat Marina.
Sumber tulisan dari World Health Organization (www.who.int) dan Food Drug Administration (www.fda.gov).
Sumber gambar dari Google (www.google.com) dan WHO (www.who.int).
Sumber video dari FDA (www.fda.gov).

You Might Also Like

4 comments

  1. hahahhahaaa keren keren kereeeen banget mbak tulisane.....
    menghibur dan sarat informasi. Good Luck yaaah

    Silahkan mampir http://farichatuljannah.blogspot.com/2013/05/ganti-pelindung-sinar-matahari-jadul.html

    Tengkyuuuuu :-)

    ReplyDelete
  2. hey doll.. thanks a lot for dropping by on my blog and following me..

    just followed you back on both bloglovin and GFC... i would love if you can follow you on bloglovin

    beingbeautifulandpretty.com

    ReplyDelete
  3. semoga kamu menang! aku sih blom pernah coba ini. tp tertarik untuk nyoba

    Invite you to enter my giveaways :D
    Luch Luch Craft Persunmall Giveaway Click here :)
    Hope you will join :)
    Luch Luch Craft new post Click Here
    visit my blog ^^
    www.luchluchcraft.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah aku nulis ini, aku beli Marina extra SPF 15 nya :D
      Haha... amin... thanks! :)

      Delete

I love to hear your thought (Ɔ ˘⌣˘)♥(˘⌣˘ C)

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images